Sabtu, 19 Juni 2010

Bukit Lawang orangutan

Orangutan di Bukit Lawang
Orangutan.JPG

Bukit Lawang mungkin salah satu tempat terbaik untuk bertemu dengan primata unik ini. Bukit Lawang adalah tempat terbesar komunitas Orangutan. Bukit Lawang berlokasi di Taman Nasional Gunung Leuser, menyebrangi Sungai Bohorok, Medan. Lebih dari 5000 Orangutan tinggal di hutan, Bukit Lawang adalah rumah dari Orangutan. Saya baca di media katanya jumlah Orangutan ada 10.000, tapi kenapa tiba-tiba disebutkan 5000, saya kurang tau.

Bukit Lawang ditemukan pada awal tahun 1973, di atur untuk menjadi tempat perlindungan bagi Orangutan, akibat menurunnya habitat Orangutan karena perdagangan dan perburuan primata ini. Pusat rehabilitasi menolong untuk menjaga dan mengembangbiakkan Orangutan, dan mereka dilatih dengan program-program tertentu, agar ketika mereka dilepas di alam bebas, mereka bisa bertahan.

Setelah mereka dilepaskan di hutan, pusat rehabilitasi tetap memberikan mereka suplemen dan regular check up. Orangutan Sumatera (Pongo Abelii) memang terlihat unik dan lucu. Mereka punya ketertarikan tersendiri. Mereka pun cukup jinak ketika kami mendekatkan diri. Senang rasanya dapat berinteraksi dengan spesies langka ini.

Masyarakat lokal ternyata banyak juga yang datang, bukan warga asing saja. Ratusan orang tiap akhir pekannya datang berkunjung. Jika temans berharap untuk memberi makan secara langsung, pusat rehabilitasi mematok waktu jam 08.30 AM dan jam 03.00 PM. Temans bisa memberikan mereka makan dengan pisang, susu, dan suplemen yang disediakan oleh pusat rehabilitasi. Semua aktivitas di Gunung Leuser harus sesuai dengan peraturan, dan membutuhkan perijinan serta dipandu oleh profesional dari pusat rehabilitasi Orangutan.

Minat pengunjung untuk berdekatan dengan Orangutan memang besar sekali, seperti memberi makan. Namun hal ini dapat berdampak buruk bagi Orangutan, karena ada juga pengunjung yang berperilaku buruk, sehingga hal ini menjadi persolan terbesar yang berlangsung di Bukit Lawang. Sayangnya peraturan/rambu-rambu tidak ditemukan ditempat ini. Informasi dan aturan-aturan hanya disampaikan oleh petugas Kantor Pusat Informasi (visitor centre) Taman Nasional Gunung Leuser, Bukit Lawang.

Walaupun tidak ada informasi dan peraturan langsung yang dapat dibaca, namun Pusat Rehabilitasi ini memiliki film yang berdurasi 15 menit. Film ini dibuat oleh Sumatran Orangutan Society - Orangutan Information Centre (SOS-OIC) bekerjasama dengan Sources of Indonesia (SoI). Film ini menceritakan bagaimana adab pengunjung ketika berhadapan langsung dengan Orangutan. Seperti contohnya jarak aman bertemu Orangutan minimal 7 meter, pengunjung tidak berisik, dan menghindari membuang sampah sembarangan.

Untuk menempuh lokasi ini sangat tidak mudah. Kami harus menempuh perjalanan 75 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam, jalannya sangat memprihatinkan.


Location:
Pusat Rehabilitasi
Bukit Lawang Bahorok
Kabupaten Langkat, Sumatera Utara
Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar